Direktur Eksekutif Scale UP, Harry Octavian

Perusahaan dan Warga Harus Duduk Bersama

Direktur Eksekutif Scale UP, Harry Octavian

Direktur Eksekutif Scale UP, Harry Octavian

Riauhijau, PEKANBARU – Hingga kini, konflik antara warga Desa Tumang, Kecamantan Siak, Kabupaten Siak dengan PT Sumber Seraya Lestari (SSL), belum juga tuntas diselesaikan. Konflik tersebut terjadi sejak 2012 telah memakan dua warga tertembus peluru aparat serta penangkapan kepala desa, pada 17 April 2014 silam.

Direktur Eksekutif Scale Up, Harry Octavian mengatakan konflik berawal dari laporan PT SSL kepada kepolisian mengenai pengelolaan lahan di areal hutan oleh kepala desa dan tiga warganya. Lahan tersebut berada di dekat tapal batas PT SSL. Namun, hingga kini belum ada bukti apapunbahwa lahan dikelola masyarakat itu masuk dalam areal hutan konsesi PT SSL. Pasalnya,perusahaan tidak memiliki patok-patok batas yang jelas.

“Perlu adanya upaya membuka ruang-ruang komunikasi antarpihak untuk mendorong  penyelesaian konflik yang terjadi,” tegas Harry, Senin (2/06/2014).

Konflik serupa, tutur Harry, tidak hanya terjadi di Desa Tumang, melainkan hampir di seluruh desa di sekitar kawasan konsesi perkebunan maupun kehutanan. Scale Up mencatat 62 konflik Sumber Daya Alam terjadi di Riau selama 2013. Dari jumlah konflik tersebut, konflik tertinggi terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan 10 kasus dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) 10 kasus. Dari 62 kasus, korban jiwa melayang berjumlah lima orang dan 37 luka-luka.

Harry juga menjelaskan bahwa sudah seharusnya penyelesaian konflik yang selama ini terjadi Riau, diselesaikan dan diatasi apakah di luar jalur hukum (mediasi). Masyarakat selalu menjadi korban ketika terjadi konflik Sumber Daya Alam.

“Upaya penyelesaian konflik Sumber Daya Alam bertujuan membangun kerja sama yang baik antar pihak. Sehingga terbangun hubungan positif dan saling menguntungkan. Tidak bisa dipungkiri setiap konflik menimbulkan kerugian, baik moral maupun material dari pihak perusahaan maupun masyarakat,” jelas Harry. (jois)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>